Populer

Tutorial

Lapak Instan

Cara membuat form kontak admin

Salam persahabatan, ada banyak cara untuk membuat form kontak dengan memanfaatkan situs pembuatan form seperti  emailmeform.com, formlogix.com, mycontactform.com, dan lain-lain.

Pada artikel ini trik blogger share tentang cara membuat form kontak admin dengan menggunakan google docs, mau tahu caranya?, mari ikuti tutorial berikut ini :


  1. Buka google docs, sign in menggunakan account google anda.
  2. Setelah sobat masuk dalam google docs, klik pada tombol ‘New’ di sebelah kiri atas kemudian pilih ‘SpreadSheet’.
  3. Setelah masuk pada lembar spreadsheet klik menu ‘Form’ kemudian pilih ‘Create a Form’.
  4. Ganti tulisan ‘Untitled Form’ dengan judul form sobat, misalnya ‘Hubungi Admin Trik Blogger’. Isikan kotak di bawahnya dengan kata pembuka kontak form anda, misalnya ‘Sobat-sobat dapat menghubungi admin Trik Blogger dengan menggunakan kontak form di bawah’.
  5. Buat elemen yang akan sobat masukkan pada kontak form, misalnya form akan mempunyai 5 elemen di antaranya ; “Nama, eMail, Website/ Blog, Subject Pesan, dan Isi Pesan”.
  6. Cara membuat elemen nama pengirim pesan. Ganti tulisan ‘Question Title’ pada lembar kerja form dengan ‘Nama’. Kotak isian ‘Help Text’ dapat sobat kosongkan, ‘Question Type’ pilih ‘Text’, centang checkbox ‘Make this a requeired question’ jika kotak isian nama tidak boleh dikosongkan (wajib diisi).
  7. Membuat elemen alamat pengirim email. Klik pada tombol ‘Add Question’ sebelah kiri atas kemudian pilih ‘Text’, cara sama seperti pembuatan elemen nama namun isikan ‘Question Title’ nya dengan ‘eMail’.
  8. Membuat elemen Website/ Blog. Klik pada tombol ‘Add Question’ sebelah kiri atas kemudian pilih ‘Text’, cara sama seperti pembuatan elemen nama namun isikan ‘Question Title’ nya dengan ‘Website/ Blog’
  9. Membuat elemen subject pesan. Ada dua cara yang dapat di lakukan, pertama sama seperti kedua cara di atas hanya saja ‘Question Title’ sobat isikan dengan ‘Subject Pesan’, kedua dengan menggunakan ‘Multiple ChoiPesan Biasace’. Untuk multiple choice cara pembuatannya, klik ‘Add Question’ pada tombol sebelah pojok kiri atas kemudian pilih ‘Multiple Choice’. Isikan ‘Question Title’ dengan ‘Subject Pesan’. Seumpama ‘Option 1′ anda isikan dengan ‘Pesan Biasa’, kemudian klik pada kotak di bawahnya dan isikan ‘option 2′ dengan ‘Saran’, klik kotak dibawahnya lagi dan isikan ‘option 3′ dengan ‘Request’. Kemudian klik pada tulisan ‘add “Other”‘ di bawahnya, klik ‘Done’.
  10. Terakhir membuat kotak isi pesan. Caranya klik pada tombol ‘Add Question’ sebelah kiri atas kemudian pilih ‘Paragraph Text’, isikan ‘Question Title’ dengan ‘Tulis Pesan Anda Di Sini’, klik ‘Done’.
  11. Selanjutnya klik pada tombol ‘More Action’ sebelah pojok kanan atas kemudian klik ‘Edit Confirmation’. Ketikkan kalimat ucapan penutup sobat misalnya ‘Terima kasih telah menghubungi Admin Trik Blogger
    Pesan sobat  akan dibalas secepatnya’.Klik pada tombol ‘Save’ sebelah pojok kanan atas.
  12. Next, Klik pada ‘More Action’ pilih ‘Embed’. Copi code HTML dan taruh di website atau blog sobat. Sekarang coba test kontak form yang baru saja sobat buat, isikan datanya terserah, klik tombol ‘kirim (send)’.
  13. Selesai. Jika ingin melihat kotak pesan yang telah masuk cukup login ke account google sobat kemudian buka google dock. Buka spreadsheet sobat, lihat pesan-pesan yang dikirimkan melalui kontak form sobat.
Selamat mencoba...semoga berhasil

0 komentar:

Posting Komentar